Cara Membuat Line Art di Adobe Photoshop

How to Create Line Art with Adobe Photoshop

Cara Membuat Line Art di Adobe Photoshop

Hello guys, Manga Tutorial kali ini adalah tentang Cara Membuat Line Art di Adobe Photoshop. Bagi teman teman yang belum tahu, Line Artberguna untuk merapikan / menghaluskan hasil sketsa gambar kita. Garis garis Line Art sendiri dapat menggunakan warna yang bermacam macam, tetapi yang paling sering digunakan adalah warna hitam.

Seperti dalam judul di atas, Tutorial Line Art ini aku buat menggunakan software image-editing bernama Adobe Photoshop atau lebih tepatnya yang aku gunakan adalah Adobe Photoshop CC. Sedangkan untuk versi yang lebih lama seperti Adobe Photoshop CS5 dan lain lain, aku pikir caranya tidak jauh beda ya. Untuk hardware yang diperlukan, dalam tutorial ini cukup menggunakan Mickey Mouse saja, tidak perlu Drawing Tablet / Wacom ya
.
Baiklah langsung aja kita tekan [Esc] untuk mengakhiri intro pembukaannya, dan langsung kita mulai Tutorial Membuat Line Art nya.

Tapi tunggu dulu... wait a second... sebelumnya kita harus menyiapkan sebuah Gambar Sketsa yang akan kita jadikan korban Line Art. Pada tutorial ini aku menggunakan hasil corat coret ku di masa lalu (sekitar 5 juta milisecond yang lalu). Bagi teman teman yang masih Belajar Menggambar Mangabisa mampir di sini dulu >>> Cara Menggambar Naruto Six Paths Sage Mode. Atau bisa juga jalan jalan dulu di >>> Cara Menggambar Dragon Ball Z Son Goku.


Oke pertama jalankan software Adobe Photoshop nya, lalu masukkan Gambar Sketsa yang sudah kita siapkan tadi ke dalam Adobe Photoshop, dengan cara mengarahkan pointer Mickey Mouse ke sekitar pojok kiri atas layar dan klik File => Open. (Shortcut:Ctrl+O)

Photoshop Tutorial a

Lalu klik 2 kali pada Layer Background dan masukkan nama baru sesuai Gambar Sketsa kita.


Setelah itu buatlah 2 Layer Baru, yaitu Layer Line Art dan Layer White Background, dengan cara mengklik Layer => New => Layer. (Shortcut:Ctrl+Shift+N)

Photoshop Tutorial b

Posisikan (Drag) Layer White Background tepat dibawah Layer Gambar Sketsa tadi, sedangkan Layer Line Art wajib berada diposisi paling atas. Jangan lupa berilah Warna Putih pada Layer White Background dengan menggunakan Paint Bucket Tool (Shortcut:G)


Lalu pilihlah (klik) Layer Gambar Sketsa kita tadi, dan ubahlah Opacity nya menjadi 43% untuk memudahkan proses Line Art nanti.

Photoshop Tutorial c

Untuk memulai proses Line Art nya pilihlah Pen Tool (Shortcut:P) dengan Warna Hitam.


Lalu pilih (klik) Layer Line Art dan mulai gunakanlah Pen Tool nya pada bagian yang ingin teman teman beri Line Art duluan. Pada kasus(?) ini bagian yang ingin aku beri Line Art pertama kali adalah Rambut bagian depan, jadi marilah kita mulai memberi Line Art nya Garis demi Garis, dengan cara klik pada titik awal garis pilihan kita laluuu klik-dan-drag pada titik akhir garis nya untuk mengatur ketepatan lengkungan Line Art nya dengan Gambar Sketsa kita.


Setelah itu kita Klik Kanan (Right Click) pada Outline Path yang baru saja kita buat => dan pilihlah “Stroke Path...” => lalu pada menu drop-down pilihlah “Brush” => lalu “OK”. Dan terakhir kita Klik Kanan lagi => lalu pilih “Delete Path”. Nah jadilah Garis Line Art Pertama kita.
BTW jika ukuran garis Line Art serasa terlalu tebal, silahkan di Undo (Shortcut:Ctrl+Z) dan perkecil ukuran Brush (Shortcut:B) menjadi sekitar 1px sampai 4x.

Photoshop Tutorial d


Ummm itu baru satu Garis rambut ya. Untuk membuat garis garis Line Art yang lain hingga memenuhi semua bagian Gambar Sketsa kita, ulangi lagi langkah langkah diatas (bikin outline path > klik kanan, stroke path > klik kanan, delete path > bikin outline path > klik kanan, stroke path > klik kanan, delete path...). Ribet binggit ya, hehehe seperti inilah asyiknya pengguna Mickey Mouse di Adobe Photoshop TT__TT  
FYI untuk mempermudah proses Line Art kalian juga bisa memperbesar ukuran kanvas dengan menggunakan shortcut “Ctrl”+”+”, memperkecil dengan shortcut “Ctrl”+”-“, dan menggeser kanvas dengan menahan tombol “Space”+”Drag Mouse”.



Sekarang tinggal kalian Hide (di hapus juga boleh) Layer Gambar Sketsa nya untuk melihat hasil akhir dari Line Art kalian :)

Photoshop Tutorial g

Berikut adalah penampakan sebelum dan sesudah menggunakan Klinik TongFang Line Art...

Line Art di Adobe Photoshop

Oke sampai disini dulu ya Manga Tutorial Cara Membuat Line Art di Adobe Photoshop nya, semoga bisa bermanfaat. Untuk Tutorial Menggambar Manga yang baru dan Tutorial Mewarnai Karakter Manga akan menyusul.  >__<”
[post_ads]
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Membuat Line Art di Adobe Photoshop"

Post a Comment

loading...